Logo Bloomberg Technoz

Bantuan Dihambat DPR, Biden Sebut Dukungan AS untuk Ukraina Kuat

News
04 October 2023 09:50

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Justin Sink dan Jenny Leonard - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan kepada para kepala negara sekutu bahwa dukungan AS untuk Ukraina akan terus berlanjut. Pernyataan yang keluar saat RUU pembiayaan pemerintah tidak memasukkan bantuan senilai US$6 miliar untuk Ukraina.

Biden mengatakan kepada hampir sebelas pemimpin negara asing via telepon pada Selasa (03/10/2023) bahwa AS akan mendukung Ukraina "selama yang diperlukan” untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah mereka.  Demikian menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Biden dalam telepon itu disebut berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Andrzej Duda dari Polandia, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Giorgia Meloni dari Italia, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis juga berpartisipasi dalam panggilan telepon tersebut.