Logo Bloomberg Technoz

AS Sepakati RUU Belanja, Tak Ada Dana Tambahan bagi Ukraina

News
02 October 2023 05:21

Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat./Bloomberg-Steven T. Dennis
Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat./Bloomberg-Steven T. Dennis

Akayla Gardner - Bloomberg News

Bloomberg, Beberapa jam setelah Kongres Amerika Serikat (AS) meloloskan rancangan undang-undang (RUU) belanja tanpa pendanaan tambahan untuk Ukraina – demi menghindari penutupan pemerintahan – Presiden Joe Biden mendesak Ketua DPR Kevin McCarthy untuk segera menindaklanjutinya dengan memberikan dukungan terhadap beleid tersebut.

“Saya sepenuhnya mengharapkan pembicara untuk menjaga komitmennya mengamankan perjalanan dan dukungan yang diperlukan untuk membantu Ukraina ketika mereka mempertahankan diri dari agresi dan kebrutalan,” kata Biden pada Minggu (1/10/2023) waktu setempat di Gedung Putih. 

“Ada banyak sekali anggota Partai Republik dan Demokrat di DPR dan Senat yang mendukung Ukraina. Mari kita berikan suara untuk itu.”

Perdebatan soal RUU belanja anggaran di Washington terjadi pada tahap kritis dalam perang Ukraina untuk mengusir invasi Rusia. Kyiv telah meningkatkan serangan rudal dan pesawat nirawak terhadap Krimea yang diduduki Rusia, serta menargetkan pangkalan-pangkalan dan jalur pasokan ketika serangan balasan yang telah berlangsung selama empat bulan menghentikan kemajuan di lapangan.