Logo Bloomberg Technoz

Gurita Bisnis Tambang Anthoni Salim hingga Dikaitkan dengan DEWA

Dityasa Hanin Forddanta
26 September 2023 16:38

Anthoni Salim, CEO Indofood dalam sebuah konferensi pers di Jepang (Dok Yuriko Nakao/Bloomberg)
Anthoni Salim, CEO Indofood dalam sebuah konferensi pers di Jepang (Dok Yuriko Nakao/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pagi ini, Selasa (26/9/2023), bursa saham dihebohkan dengan kabar masuknya Anthoni Salim ke PT Darma Henwa Tbk (DEWA). Konglomerat pemilik Grup Indofood ini dikabarkan masuk melalui obligasi wajib konversi (OWK) yang diterbitkan oleh perusahaan jasa pertambangan batu bara yang selalu dikaitkan dengan Grup Bakrie tersebut.

Manajemen DEWA kemudian merespons isu yang beredar. Perusahaan menampik adanya manuver yang dilakukan Anthoni Salim.

“Kami sampaikan bahwa berita tersebut adalah tidak benar,” terang Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Darma Henwa Tbk  Ahmad Hilyadi dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/9).

Hilyadi menegaskan, saat ini DEWA belum melakukan aksi korporasi apapun terkait pemenuhan kebutuhan pendanaan, meski sebelumnya memiliki rencana untuk menggelar rights issue. Namun, aksi korporasi ini urung dilakukan karena habisnya tenggat waktu sejak persetujuan RUPSLB pada Agustus 2022.

Meski telah ditampik perusahaan, tak heran Anthoni Salim dikaitkan dengan isu tersebut. Pasalnya, Anthoni Salim juga memiliki gurita bisnis pertambangan, dan sebagiannya memang berkongsi dengan Grup Bakrie.