Logo Bloomberg Technoz

Xi Jinping akan Kunjungi Korsel setelah Hubungan Tegang karena AS

News
25 September 2023 10:00

Pertemuan Presiden Xi Jinping dan pihak Korsel (Bloomberg)
Pertemuan Presiden Xi Jinping dan pihak Korsel (Bloomberg)

Sangmi Cha dan Shinhye Kang-Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan (Korsel) direncanakan menerima kunjungan Presiden China Xi Jinping untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Kunjungan tersebut ibarat sinyalemen perubahan dalam hubungan antara kedua negara yang telah berubah dan kurang mesra seiring makin menempelnya Seoul dengan Amerika Serikat, rival China itu.

Kantor Presiden Yoon Suk Yeol sedang mengatur kunjungan tersebut, kata seorang pejabat senior pemerintah pada akhir pekan kemarin. Komentar tersebut muncul setelah Xi bertemu dengan Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo di sela-sela Asian Games pada hari Sabtu. Xi mengatakan bahwa ia akan secara serius mempertimbangkan mengunjungi Korea Selatan, kantor berita Yonhap melaporkan.

Penasihat keamanan nasional Yoon, Cho Tae-yong kemudian mengatakan dalam sebuah wawancara dengan TV kabel MBN pada hari Minggu bahwa kunjungan Xi akan sulit dilakukan tahun ini tetapi sangat mungkin pada tahun depan.

“Ini diharapkan menjadi titik balik dalam hubungan Korea-Tiongkok,” kata Cho. “Ini adalah tujuan yang harus kita capai.”