Logo Bloomberg Technoz

Penyelidikan internal sejak saat itu mendorong penyelesaian dengan beberapa klien yang merugi hingga puluhan juta euro dan mengakibatkan beberapa karyawan dan eksekutif Deutsche angkat kaki.

Bank asal Jerman itu juga menghadapi gugatan, termasuk klaim senilai US$ 534 juta oleh Palladium Hotel Group. Perusahaan Spanyol itu telah mengajukan gugatan yang menyatakan bahwa mereka terlibat dalam ratusan transaksi valuta asing yang sangat komplek di mana menjadi mustahil bagi Palladium untuk menentukan harga, menilai atau memahami risikonya dan pada akhirnya mengakibatkan kerugian besar.

Kurang dari 12 karyawan Deutsche telah dijatuhi sanksi sebagai hasil dari penyelidikan Project Teal yang menargetkan cabang London dan beberapa bagian dari kantor Spanyol. Beberapa dari mereka sudah pergi dan sisanya diberi sanksi berupa pemotongan bonus. 

Penyelidikan internal yang dilakukan oleh firma hukum London juga mendapati adanya penjualan di luar pengawasan kantor London namun belum menemukan bukti bahwa terjadi pelanggaran serupa di tempat lain. Namun, prosedur dan pengawasan yang lebih luas sudah diubah menyusul hasil penyelidikan tersebut. 

Bukan hanya Deutsche Bank yang menghadapi kasus ini. Beberapa bank investasi lain seperti Goldman Sachs Group dan BNP Paribas telah menghadapi tuduhan serupa tentang kesalahan penjualan produk derivatif di Spanyol, menyusul gugatan eksportir anggur J Garcia Carrion terhadap Goldman yang dilaporkan kepada Financial Conduct Authority di Inggris pada 2021.  

(bbn/roy)

No more pages