Logo Bloomberg Technoz

Moody’s Tinjau Penurunan Rating Dua Raksasa Properti China

News
22 September 2023 14:00

Properti China (Sumber: Bloomberg)
Properti China (Sumber: Bloomberg)

Wei Zhoun - Bloomberg News

Bloomberg, Moody's Investors Service tengah meninjau penurunan rating dua developer China yang masih mendapatkan peringkat investasi. Hal ini adalah pertanda terbaru bahwa dampak krisis utang industri properti masih meluas.

China Jinmao Holdings Group Ltd. dan China Vanke Co. adalah dua perusahaan yang menghadapi potensi pemangkasan rating. Hal ini diumumkan Moody's pada Kamis (21/09/2023).

Peringkat Jinmao saat ini satu tingkat di atas wilayah non-investasi (junk) sementara Vanke berada tiga langkah menuju peringkat investasi. Tinjauan penurunan peringkat ini "mencerminkan ketidakpastian tinggi" tentang kemampuan mereka untuk memulihkan keuangan "di tengah prospek pemulihan yang tidak pasti untuk pasar properti China," demikian menurut perusahaan peringkat tersebut.

Perusahaan-perusahaan properti China telah mengalami penurunan penjualan rumah baru dalam beberapa bulan terakhir sementara kekhawatiran utang yang melibatkan pembangun besar seperti Country Garden Holdings Co. dan Sino-Ocean Group Holding Ltd. telah membebani pasar.