Logo Bloomberg Technoz

IMF Bakal Mulai Pembicaraan dengan Ukraina soal Utang

News
13 February 2023 16:24

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat konferensi pers usai KTT pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia, Kamis (9/2/20223). (Valeria Mongelli/Bloom
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy saat konferensi pers usai KTT pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia, Kamis (9/2/20223). (Valeria Mongelli/Bloom

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dana Moneter Internasional (IMF) akan memulai pembicaraan pada Senin (13/02/2023) dengan para pejabat Ukraina soal paket pinjaman atau utang multiyears senilai US$ 16 miliar (Rp 243 triliun) untuk membantu keuangan negara tersebut.

Mengutip Bloomberg News, pemerintah Ukraina memproses utang dari pemberi pinjaman yang berbasis di Washington tersebut setelah mendapatkan kesepakatan pada Desember 2022 untuk program Monitoring with Board (PMB) selama empat bulan yang akan membuka jalan bagi bantuan itu jika berhasil diselesaikan.

Di sisi lain, para menteri pertahanan negara-negara North Atlantic Treaty Organization (NATO) akan bertemu Selasa (14/02/2023) di Brussel, Belgia untuk membahas dukungan militer bagi Ukraina.

Rusia pada Jumat (10/02/2023) meluncurkan rentetan serangan rudal terbesar sepanjang tahun ini. Pada saat yang sama, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mencari lebih banyak senjata guna menangkis invasi.

Pasukan Rusia terus melakukan serangan sebagian besar di wilayah timur sekitar Kupyansk, Lyman, Bakhmut, Avdiyivka dan Novopavlivka meskipun mengalami kerugian besar, menurut Staf Umum Ukraina dalam sebuah pernyataan di Facebook.