Logo Bloomberg Technoz

Gagal Jadi PM, Pita Limjaroenrat Mundur dari Partai Move Forward

News
15 September 2023 18:00

Pita Limjaroenrat. (Sumber: Bloomberg)
Pita Limjaroenrat. (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Pita Limjaroenrat, yang gagal menjadi Perdana Menteri (PM) Thailand, mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Move Forward. Hal ini dilakukan untuk membuka jalan bagi ketua baru yang dapat menjadi pemimpin oposisi di parlemen.

Pita mengatakan keputusannya mengundurkan diri karena tidak dapat mengambil alih jabatan pemimpin oposisi setelah dinonaktifkan sebagai anggota parlemen. Dia adalah satu dari 151 anggota parlemen Partai Move Forward yang terpilih menjadi anggota DPR, yang beranggotakan 500 orang, pada pemilu bulan Mei.

"Terlepas dari status saya, saya tidak akan pergi ke mana-mana," kata Pita dalam pernyataan yang diposting di X pada Jumat (15/9/2023). "Saya masih akan tetap bekerja dengan Partai Move Forward dan rakyat sekuat tenaga dan kemampuan saya, untuk mendorong agenda perubahan yang kita inginkan bersama."

Pita, yang pekan lalu berusia 43 tahun, dinonaktifkan dari jabatannya sebagai anggota parlemen hampir dua bulan lalu. Dia menunggu putusan Mahkamah Konstitusi dalam sebuah kasus yang diajukan oleh KPU Thailand, yang mengklaim politisi lulusan Harvard itu telah melanggar aturan pemilu dengan memegang saham di media.