Logo Bloomberg Technoz

Trudeau Sebut Tak Ada Ruang Pendekatan Politik dengan China

News
08 September 2023 07:50

Justin Trudeau (Fotografer: Jimmy Jeong/Bloomberg)
Justin Trudeau (Fotografer: Jimmy Jeong/Bloomberg)

Laura Dhillon Kane dan Erik Schatzker - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan tidak ada ruang untuk "pendekatan politik" dengan China untuk saat ini.

"China telah mengambil keputusan dalam beberapa tahun terakhir yang telah membuatnya lebih sulit - bukan hanya bagi Kanada tetapi juga bagi negara-negara lain - untuk berinteraksi," kata Trudeau dalam sebuah wawancara pada Kamis (07/09/2023).

Trudeau mengakui bahwa ketika ia menjabat pada tahun 2015, ia berharap dapat bekerja menuju perjanjian perdagangan bebas dengan China. Namun, kedua negara menjadi bermusuhan pada tahun 2018 ketika Kanada menangkap bos Huawei, Meng Wanzhou, atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS) yang memicu China menahan dua warga Kanada dan memberlakukan embargo terhadap beberapa ekspor makanan Kanada.

“Jelas bahwa kami telah menghadapi beberapa tahun yang menantang, seperti halnya banyak orang lain. Penahanan sewenang-wenang dua warga Kanada karena alasan politik sangat merenggangkan hubungan itu,” kata Trudeau. “Tetapi China adalah salah satu ekonomi terbesar di dunia dan bukan negara yang bisa diabaikan begitu saja.”