Logo Bloomberg Technoz

PM Trudeau Ikut Melobi agar RI Masuk Global Think Tank OECD

Pramesti Regita Cindy
06 September 2023 12:00

Presiden Jokowi dan PM Kanada Justin Trudeau (Humas Setkab/Jay)
Presiden Jokowi dan PM Kanada Justin Trudeau (Humas Setkab/Jay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka. Dalam pertemuan tersebut, PM Trudeau menyinggung soal kepemimpinan Indonesia di kawasan yang dianggap cukup berpengaruh.

“Perdana Menteri Trudeau juga mengatakan bahwa kepemimpinan Indonesia di kawasan sangat terasa dan sangat diapresiasi. Terasa sekali pada saat tahun lalu Indonesia menjadi Ketua G20 dan tahun ini menjadi ketua dari ASEAN,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Oleh karena itu Trudeau juga menyatakan dukungan terhadap Indonesia masuk dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Diketahui OECD merupakan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi merupakan sebuah organisasi internasional dengan 37 negara yang di dalamnya juga terdapat negara-negara maju dengan politik demokrasi.

Indonesia saat ini sedang mendaftarkan diri menjadi anggota penuh OECD agar akses yang lebih luas terhadap sumber-sumber informasi dan pengetahuan yang dimiliki OECD sebagai global think tank.

“PM Trudeau juga mengatakan dukungannya terhadap aplikasi Indonesia di dalam OECD dan tentunya PM (Trudeau) juga akan bicara dengan anggota OECD lagi untuk memberikan konsiderasi atau pertimbangan yang positif terhadap aplikasi Indonesia di OECD,” tutur Menlu Retno dikutip dari laman Setkab, Rabu (6/9/2023).