Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Darurat Penghulu, Kekurangan hingga 40%

Dovana Hasiana
06 September 2023 19:35

Ilustrasi pernikahan. (Image by StockSnap from Pixabay)
Ilustrasi pernikahan. (Image by StockSnap from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan bahwa Indonesia kekurangan banyak tenaga penghulu atau darurat penghulu. Kondisinya pada saat ini bahwa tenaga fungsional penghulu masih berada jauh di bawah kebutuhan secara nasional. 

Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah, Zainal Mustamin mengatakan, kebutuhan terhadap jabatan fungsional secara nasional mencapai 16.263 orang. Sementara yang tersedia saat ini hanya 9.054 penghulu artinya hanya sekitar 60% lebih dari kebutuhan.

Kondisi tersebut semakin diperparah karena sebanyak 2.383 orang tenaga fungsional penghulu akan pensiun hingga 2027. Sehingga, beberapa penghulu bahkan harus melayani lebih dari satu KUA kecamatan.

"Dilihat dari kebutuhan bisa dibilang saat ini kami memang darurat penghulu," ujar Zainal dalam siaran pers Kemenag dikutip Rabu (6/9/2023).

"Karena faktanya selain banyak yang pensiun, penghulu kita juga banyak yang wafat terutama pada saat pandemi Covid-19 yang lalu," tambah Zainal.