Logo Bloomberg Technoz

Laporan Tenaga Kerja AS Tunjukkan Penurunan yang Mulus di Pasar

News
02 September 2023 06:40

Ilustrasi jaringan ritel Apple di Amerika. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi jaringan ritel Apple di Amerika. (Dok: Bloomberg)

Molly Smith and Augusta Saraiva - Bloomberg News - 

Bloomberg, Data ketenagakerjaan AS terbaru menunjukkan pasar tenaga kerja mengalami perlambatan terkendali, yang digambarkan dengan perekrutan pekerja yang solid, pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat, dan lebih banyak orang yang kembali bekerja.

Para pengusaha pada bulan Agustus menambahkan 187.000 pekerjaan dalam peningkatan yang luas, menyusul revisi ke bawah pada daftar gaji dalam dua bulan sebelumnya, menurut data pemerintah AS yang dirilis pada Jumat waktu setempat. Ratusan ribu lainnya bergabung dengan angkatan kerja, meskipun semakin banyak yang tidak dapat langsung mendapatkan pekerjaan.

Dikombinasikan dengan pertumbuhan upah yang berada pada laju paling lambat sejak awal tahun lalu, data tersebut menggambarkan mengapa masyarakat Amerika kurang optimis terhadap pasar kerja. Meskipun perekrutan tenaga kerja dan pendapatan masih cukup kuat untuk meningkatkan belanja konsumen, lowongan pekerjaan telah berkurang dan PHK semakin meningkat.

Moderasi ini memberikan ruang bagi Federal Reserve untuk menghentikan kenaikan suku bunga bulan ini sambil tetap membuka opsi untuk kenaikan suku bunga lagi di akhir tahun. Para pedagang terus melihat the Fed bertahan stabil di bulan September.