Logo Bloomberg Technoz

Covid Bukan Penyakit Musiman, Kok Masih Perlu Vaksin Booster

News
31 August 2023 20:50

Ilustrasi Vaksin Moderna. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Vaksin Moderna. (Sumber: Bloomberg)

Cailley LaPara - Bloomberg News

Bloomberg, Dalam beberapa minggu, vaksin booster akan kembali dianjurkan kepada warga Amerika, untuk melawan varian terbaru saat kasus mulai meningkat saat musim dingin datang. Namun, ada satu kendala dalam rencana ini: Covid sebenarnya tidak tampak menjadi virus musiman seperti yang banyak diharapkan.

“Semua orang menggunakan paradigma yang mereka ketahui, yaitu influenza," kata Direktur Kelompok Riset Vaksin di Klinik Mayo, Gregory Poland, saat bicara terkait Covid.

"Ini tidak berfungsi. Kita harus sangat hati-hati untuk tidak membuat diri kita berpikir bahwa kita mengerti ini dengan mengatakan bahwa ini musiman,” tambahnya.

Sejak dimulainya pandemi global pada tahun 2020, satu-satunya hal yang pasti tentang virus ini adalah bahwa virus ini penuh dengan kejutan. Awal tahun ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan perubahan dari suntikan tambahan yang sering, dan menggantinya dengan suntikan musiman bagi sebagian besar orang, seperti halnya flu. Suntikan baru pada musim gugur ini akan ditargetkan pada varian XBB.1.5, varian yang mendominasi infeksi pada bulan Juni ketika FDA merilis panduan untuk pengembang vaksin.