Logo Bloomberg Technoz

Tugas integrasi ini kemungkinan akan melibatkan ribuan PHK lagi di seluruh dunia, dan penuh dengan risiko hukum serta potensi membengkaknya biaya. Meski begitu, UBS kini mengelola aset klien US$5 triliun lebiih, dan para investor saat ini memberikan penilaian terbaik kepada bank itu dibandingkan bank Eropa besar manapun.

Menyusul kabar ini, saham UBS melonjak hingga 7,2% setelah pembukaan perdagangan di Zurich pada hari Kamis (31/8/2023), naik hampir 40% tahun ini.

"Kombinasi ini akan memperkuat status kami sebagai waralaba perbankan global utama, dan salah satu pasar dalam negeri yang dapat dibanggakan di Swiss," kata Ermotti dalam rilis hasil pendapatan pada hari Kamis. "Kami merasa rendah hati dengan tugas ini dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kami."

Ilustrasi Logo UBS (Sumber: Bloomberg)

Keuntungan di atas kertas untuk kuartal ini melampaui JPMorgan sebesar US$14,3 miliar. Nicolas Payen, analis di Kepler Cheuvreux, menulis dalam sebuah catatan bahwa keuntungan akuntansi sebesar US$29 miliar lebih kecil dari yang diharapkan setelah kerugian operasional Credit Suisse dan penyesuaian harga pembelian. Akan tetapi, stabilisasi bisnis terjadi lebih cepat dari perkiraan.

UBS telah mengakhiri spekulasi tentang masa depan unit domestik Credit Suisse selama berbulan-bulan, yang sebelumnya merupakan salah satu unit yang paling konsisten menghasilkan keuntungan. UBS mengatakan, kedua bank ini akan beroperasi secara terpisah hingga rencana merger resmi pada 2024.

Merek Credit Suisse akan tetap berlaku sampai klien dipindahkan ke sistem UBS, yang diperkirakan terjadi pada 2025. Sebelumnya, Bloomberg telah melaporkan keputusan integrasi penuh unit Swiss Credit Suisse pada awal bulan ini.

Menurut Alison Williams, Analis Industri Senior Bloomberg Intelligence, kinerja UBS menghasilkan dua titik data utama yang menandakan akuisisi Credit Suisse yang sukses. Yaitu, stabilnya unit kekayaan dan keputusan mempertahankan serta mengintegrasikan unit domestik Swiss, yang memungkinkan bank memanfaatkan skala yang lebih besar dan kepemimpinan kompetitifnya di pasar domestik.

- Dengan asistensi dari Alessandro Speciale dan Allegra Catelli.

(bbn)

No more pages