Logo Bloomberg Technoz

UBS Cetak Laba Kuartalan Terbesar Bank Usai Caplok Credit Suisse

News
31 August 2023 19:20

UBS Group AG. (Sumber: Bloomberg)
UBS Group AG. (Sumber: Bloomberg)

Myriam Balezou dan Marion Halftermeyer - Bloomberg News

Bloomberg, UBS Group AG melaporkan laba kuartalan terbesar yang pernah dicapai oleh sebuah bank pada kuartal kedua, sebagai hasil dari pengambilalihan darurat atas Credit Suisse. Perusahaan juga mengkonfirmasi bahwa mereka akan sepenuhnya mengintegrasikan bisnis lokal dari mantan rivalnya tersebut tahun depan.

Keuntungan sebesar US$29 miliar ini adalah hasil dari perbedaan akuntansi antara harga US$3,8 miliar yang dibayar oleh UBS untuk Credit Suisse dan nilai neraca perusahaan yang diakuisisi. Laba kuartal gabungan pertama UBS-Credit Suisse mencapai US$1,1 miliar.

Tiga bulan pasca akuisisi, CEO UBS Sergio Ermoti bekerja untuk mengimplementasikan salah satu merger terbesar yang pernah terjadi dalam keuangan global. Kesepakatan tersebut dibuat dengan cepat pada bulan Maret ketika Credit Suisse menuju ke arah kebangkrutan.

UBS dan Credit Suisse Tak Mungkin Dikawinkan

Kala itu, para klien kehilangan kepercayaan pada institusi berusia 167 tahun itu. Sergio Ermotti membenarkan bahwa sekitar 3.000 posisi akan dihapuskan di Swiss dampak dari merger ini.