Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Promosikan Jurus Pengendalian Inflasi ke Negara ASEAN

Mis Fransiska Dewi
26 August 2023 10:40

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam ASEAN Central Bank Governors dan Finance Ministers Meeting 2023 (Dok. Bank Indonesia)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam ASEAN Central Bank Governors dan Finance Ministers Meeting 2023 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di bawah Keketuaan ASEAN Indonesia, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia telah menyelenggarakan the 10th ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM), pada Jumat (25/8).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, pada pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral terdapat lima agenda yang dibahas. Salah satunya, terkait mendorong implementasi bauran kebijakan makroekonomi yang diklaim Perry telah sukses meredam inflasi Indonesia di tengah tekanan inflasi global.

Bauran kebijakan makroekonomi yang dimaksud Perry adalah penguatan koordinasi para pengambil kebijakan yakni kebijakan fiskal oleh pemerintah dan moneter yang dikendalikan oleh bank sentral.

Di Indonesia, lanjut Perry, tidak hanya menaikkan suku bunga, pemerintah juga memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu juga berkoordinasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengendalikan harga.

"Pada masa Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023, bauran kebijakan semakin dikenal dan dipahami serta diterapkan di ASEAN sebagai kerangka kebijakan yang penting untuk diterapkan, terutama di tengah tantangan dan ketidakpastian global saat ini," ujar Perry dalam penutupan acara jumat (25/8).