Logo Bloomberg Technoz

Alasan Bos BCA Hibahkan Saham Rp74 M: Agar Anak Nikmati Cuan

Krizia Putri Kinanti
21 August 2023 16:10

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, Jahja Setiaatmadja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, Jahja Setiaatmadja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menjelaskan alasan menghibahkan saham emiten berkode BBCA tersebut senilai Rp74 miliar kepada dua orang anaknya.

Ia menjelaskan bahwa hibah yang dilakukan ini adalah biasa yang dilakukan orang tua kepada anaknya untuk mewariskan asetnya.

“Hibah itu sama seperti waris ya, jadi orang tua mewariskan assetnya ke anak adalah hal biasa. Saya hibah saham ke anak jadi anaknya nanti yang ikut nikmati dividen dan nanti kalau ada capital gain dimasa datang untuk jangka panjang,” katanya kepada Bloomberg Technoz, Senin (21/8/2023).

Jahja menjelaskan, bahwa aksi yang dilakukan adalah menghibahkan kepemilikan sahamnya menjadi atas nama kedua anaknya, sehingga tidak terjadi penjualan saham. "Saya hibahkan saham BBCA ke atas nama anak saya, bukan jual saham yang hasilnya dihibahkan ya," jelasnya.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (18/8), Jahja diketahui menghibahkan 4 juta lembar saham BBCA dengan harga Rp 9.250 per lembar atau setara Rp37 miliar kepada anaknya yang bernama Elizabeth Ariestia MS.