Logo Bloomberg Technoz

Xi Jinping Hadiri KTT BRICS, Putin Virtual agar Tak Ditangkap

News
18 August 2023 15:20

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)
Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping akan menghadiri KTT BRICS di Afrika Selatan pekan depan. Disebutkan, kehadiran Xi dalam pertemuan ini merupakan perjalanan langka ke luar negeri lantaran selama ini dia dikenal sebagai pemimpin yang lebih suka berada di dalam negeri. Apalagi ketegangan politik semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan.

Berdasarkan pernyataan Kementerian Luar Negeri China yang dirilis pada Jumat (18/6/2023) Xi akan melakukan perjalanan ke Johannesburg pada Senin (21/8/2023) atas undangan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Ramaphosa dan Xi juga akan menjadi tuan rumah dialog pemimpin dari seluruh Afrika, di mana China telah berupaya untuk memperluas pengaruhnya melalui proyek infrastruktur. Amerika Serikat (AS) sebelumnya menyebut strategi ini telah membuat sejumlah negara terperangkap dalam utang.

Dalam enam bulan pertama tahun 2023, Xi hanya menghabiskan dua hari di luar China. Jumlah kunjungan itu merupakan yang terendah dalam setiap paruh pertama sejak dia berkuasa lebih dari satu dekade. Perjalanan yang terakhir dilakukan Xi adalah pada bulan Maret, saat dia berkunjung ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin,yang telah mempertahankan dukungan ekonomi dan diplomatik China selama invasinya ke Ukraina.