Logo Bloomberg Technoz

Milei Tak Henti Umbar Janji Selamatkan Perekonomian Argentina

News
17 August 2023 06:20

Javier Milei (Sumber: Bloomberg)
Javier Milei (Sumber: Bloomberg)


Scott Squires, Manuela Tobias, dan Ignacio Olivera Doll - Bloomberg News

Bloomberg, Kandidat Presiden Argentina Javier Milei kembali mengumbar janji bakal segera menutup bank sentral negara sambil mengatakan bakal kerahkan segala upaya menghindari gagal bayar utang negara jika memenangkan pemungutan suara Oktober.

Javier Milei, seorang penganut pasar bebas Argentina mengguncang pemilihan di negara latin itu dengan meraih posisi pertama dalam pemilihan primer pada 13 Agustus. Dalam wawancara bersama Bloomberg, Rabu (16/8), Milei mengklaim penyesuaian fiskalnya yang berani akan meningkatkan reputasi dan profil kredit Argentina, membuat default tidak diperlukan.

Rencananya termasuk memangkas pengeluaran setidaknya 13% dari produk domestik bruto sebelum pertengahan 2025 dengan secara dramatis merampingkan proyek-proyek pekerjaan umum, mengurangi jumlah kementerian, menghapus subsidi dan pembatasan modal yang memungkinkan bisnis bertransaksi dalam dolar AS. 

Milei sebelumnya juga memastikan berencana untuk menutup bank sentral--yang menurutnya "tidak memiliki alasan untuk ada" - dan melakukan dolarisasi $640 miliar.