Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Dunia Hadapi Krisis, MPR Wanti-wanti RI Tidak Jadi Pasien IMF

Sultan Ibnu Affan
16 August 2023 10:10

Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mewanti-wanti pemerintah untuk waspada dalam mengelola Indonesia yang memiliki sumber daya alam (SDA) besar. Ia menegaskan dengan sumber daya yang besar tersebut Indonesia harus mampu melalui krisis keuangan yang saat ini menghantui perekonomian negara-negara besar di dunia.

"Indonesia adalah negara besar yang harus terus melangkah kedepan dan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan. Kita tidak boleh menjadi negara gagal dan mengalami kebangkrutan, sebagaimana dialami beberapa negara yang saat ini menjadi pasien IMF. Indonesia juga tidak boleh terancam mengalami krisis perekonomian, khususnya krisis keuangan yang dikategorikan sebagai kahar fiskal," ujar Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR RI, Rabu (16/8).

Ia mengatakan Indonesia adalah pemilik berbagai sumber daya alam (SDA) terbesar dunia seperti nikel, batubara, 18 emas, tembaga, dan gas alam. Namun demikian, ia menyebut, masih ada warga negara yang belum sepenuhnya menikmati kekayaan alam tersebut.

"Kita berterima kasih kepada Pemerintah yang telah bekerja keras mengurangi angka kemiskinan. Upaya ini perlu terus menerus ditingkatkan dengan memastikan penguasaan negara atas kekayaan alam, dan mendorong pembangunan di daerah demi sebesar-besar kemakmuran rakyat," katanya.

Oleh sebab itu ia menekankan Indonesia perlu mampu mengelola sumber daya alam mentah secara mandiri, sehingga menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual lebih tinggi, dan menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dalam negeri.