Logo Bloomberg Technoz

Raksasa Manajemen Aset Gagal Bayar, Apa yang Terjadi di China?

News
14 August 2023 17:30

Ilustrasi China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi China (Sumber: Bloomberg)

Lisa Du - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian dan pasar China bergulat dengan kesengsaraan keuangan baru. Gagal bayar pada produk trust (dana amanah) menimbulkan kekhawatiran terhadap sektor perbankan bayangan atau shadow banking yang bernilai sebesar US$2,9 triliun di negara itu.

China sedang berjuang untuk meraih kembali momentum pemulihan ekonomi setelah keluar dari kebijakan pembatasan selama pandemi Covid-19. Kepercayaan konsumen dan investor terpukul oleh tindakan keras ke perusahaan swasta dan hambatan di sektor propertinya. Berita terbaru tentang perusahaan Zhongrong International Trust Co. dan konglomerat keuangan Zhongzhi Enterprise Group Co. yang gagal bayar telah memicu kekhawatiran yang mendalam bahwa kesengsaraan itu mulai menyebar.

Apa itu perusahaan dana amanah di China?

Industri trust di China menggabungkan karakteristik perbankan komersial dan investasi, private equity, dan wealth management. Perusahan trust yang diatur secara longgar menawarkan return yang tinggi demi mengumpulkan tabungan rumah tangga untuk pinjaman dan investasi di properti, saham, obligasi, dan komoditas. Tidak ada perusahaan industri keuangan lain yang beroperasi di semua kelas aset ini.