Logo Bloomberg Technoz

Biden Dorong Bantuan untuk Korban Uji Nuklir 'Oppenheimer'

News
10 August 2023 07:50

Presiden AS Joe Biden. (dok Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (dok Bloomberg)

Justin Sink dan Jordan Fabian - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung upaya untuk memberikan bantuan dari negara kepada orang-orang yang terkena dampak uji nuklir Trinity tahun 1945 yang baru-baru ini digambarkan dalam film Oppenheimer.

"Saya siap membantu untuk memastikan bahwa orang-orang tersebut diurus, dengan cara ini," kata Biden dalam pidato pada hari Rabu di New Mexico, sekitar 70 mil dari lokasi uji nuklir Trinity.

Rilis film blockbuster Oppenheimer, yang bercerita tentang upaya fisikawan nuklir J. Robert Oppenheimer dalam menciptakan bom atom, juga menarik perhatian Biden terhadap penduduk New Mexico dan suku asli Amerika yang terpapar radiasi dari uji nuklir dan uranium yang ditambang.

Orang-orang tersebut kemungkinan akan segera menerima ganti rugi setelah bertahun-tahun menderita masalah kesehatan. Versi yang telah disetujui oleh Senat atas RUU pertahanan tahunan akan memperluas ketentuan tentang kompensasi paparan radiasi untuk warga New Mexico dan anggota Suku Navajo yang sebelumnya tidak termasuk.