Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Yakin Industri Batik akan Cepat Bangkit Pascapandemi

Sultan Ibnu Affan
02 August 2023 10:50

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Gelar Batik Nusantara (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Gelar Batik Nusantara (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Gelar Batik Nusantara di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Jokowi dalam kesempatan itu menekankan soal batik merupakan karya adi luhung bangsa yang harus terus dijaga keberlanjutannya. Oleh karena industri batik harus kembali digeliatkan apalagi Indonesia kini punya momentum pascapandemi.

"Saat ini kita memiliki momentum yang sangat baik untuk kembali batik bangkit karena juga perekonomian kita juga tumbuh baik tahun lalu, kuartal pertama kuartal kedua dan kita harapkan tahun depan juga akan semakin baik pertumbuhan ekonomi kita," kata Presiden Jokowi di Jakarta.

Dia mengatakan optimistis, perputaran ekonomi dalam industri dan UMKM batik akan terus meningkat. Oleh karena itu Jokowi menyampaikan apresiasi kepada pengrajin batik, desainer batik pengusaha, pecinta hingga pengguna batik yang selama ini menghidupkan batik Indonesia.

Presiden melanjutkan, jutaan orang bekerja di industri batik dan hal tersebut memberikan penghasilan serta kehidupan bagi jutaan rakyat. 

"Tadi sudah disampaikan oleh Menperin nilai dan perputaran industri batik ini dan saya melihat setelah pandemi ini insyaallah kenaikannya akan lebih tinggi lagi," imbuh dia, dikutip dari kanal Sekretariat Presiden.