Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan harga jam tangan mewah dengan harga menengah menunjukkan kolektor dan penggemar saat ini mencari jam tangan langka dengan harga rendah. Dalam beberapa kasus, mereka mencari jam tangan berukuran kecil.

Jam tangan harga menengah mengalami kenaikan. (Sumber: Bloomberg)

Jam tangan selam (dive watch) Omega Seamaster yang berdiameter 36 milimeter sekarang dijual dengan harga US$5.253 (Rp 78,81 juta). Co-founder Subdial Christy Davis mengatakan model jenis ini mengalami kenaikan karena menangkap tren barang mewah yang tersembunyi dengan ukuran yang lebih kecil.

Santos Galbee yang berukuran lebih kecil dari jam tangan rata-rata, dijual dengan harga sekitar US$5.060 (Rp 75,91 juta). Davis mengatakan, kenaikan tersebut juga dipicu oleh popularitas jam tangan "neo-vintage" dari dekade 1990-an.

Jam tangan dengan kinerja terbaik di Bloomberg Subdial Watch Index dalam 30 hari terakhir juga merupakan jam tangan yang lebih kecil. Rolex Datejust 36 mengungguli model lain yang dibuat oleh merek jam tangan terbesar Swiss itu. Harganya naik 3,4% dalam sebulan, dan dijual sekitar US$10.200 (Rp 153,04 juta).

Sementara itu, jam tangan dengan performa terburuk adalah Rolex Daytona baja dan emas, yang harganya turun 7% menjadi sekitar US$18.150 (Rp 272,3 juta).

Analis di Morgan Stanley belum lama ini menerbitkan sebuah laporan pada awal pekan, yang menunjukkan bahwa jam tangan yang paling laris dari Rolex, Patek, dan AP sementara ini terus dijual di atas eceran pasar sekunder. Akan tetapi, harga diperkirakan akan terus turun di kuartal ketiga karena tingkat suplai meningkat.

(bbn)

No more pages