Logo Bloomberg Technoz

ACES, BRIS & GOTO, Trio Pencetak Cuan Besar di LQ45

Houtmand P Saragih
24 July 2023 14:40

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja saham-saham likuid yang masuk dalam daftar LQ45 berada di jalur positif dari awal tahun hingga akhir pekan lalu (year to date), Jumat (21/7/2023), dengan menguat 2,08%. Kenaikan salah satu konstituen LQ45 ada yang nyaris mencapai 50% pada periode tersebut.

Saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) tercatat mengalami penguatan yang paling besar, mencapai 49,04%. Perusahaan ritel untuk produk perkakas rumah banyak diborong investor tahun ini, seiring dengan mulai berakhirnya status pandemi dan aktivitas ekonomi mulai kembali normal.

Pergerakan saham Ace Hardware

Setelah saham ACES, saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) juga mengalami peningkatan tinggi, sebesar 31,71%. Bank syariah terbesar di Indonesia ini sempat mendapatkan masalah pada awal kuartal II, dimana grup hacker kriminal LockBit mengaku telah menyerang sistem IT Bank Syariah Indonesia dengan Ransomware dan telah mencuri data internal.

LockBit mengaku telah bernegosiasi dengan BSI namun tidak menemui titik temu. Hal ini yang kemudian membuat LockBit mempublikasikan data yang diklaimnya sebagai data internal BSI.

Selanjutnya, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam tiga besar saham LQ45 yang mengalami kenaikkan tinggi. Saham GOTO pada periode yang sama tercatat mengalami kenaikan 24,18%.