Logo Bloomberg Technoz

Cuma Setahun Wagub DKI, Sandi Klaim Berhasil Turunkan Kemiskinan

Krizia Putri Kinanti
22 July 2023 05:00

Sandiaga Uno, co-founder of PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, speaks during an interview in Jakarta, Indonesia,(Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno, co-founder of PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, speaks during an interview in Jakarta, Indonesia,(Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bicara soal optimismenya jika pada akhirnya resmi maju di pemilihan presiden (pilpres) tahun depan. Diketahui Sandiaga merupakan salah satu nama yang disebut-sebut bakal calon wakil presiden dan telah diajukan PPP sebagai calon wapres untuk Ganjar Pranowo. Sandiaga mengatakan, dia optimistis dengan mengusung isu ekonomi. Hal tersebut klaim dia, sudah terbukti saat dirinya menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Optimisme pada percepatan pembangunan yang fokus pada bidang ekonomi. Itu jelas terpotret dari data yang diinginkan masyarakat dan dari rekam jejak saya, saat di DKI saya bisa menciptakan lapangan kerja, menurunkan tingkat pengangguran, menyetabilkan harga-harga bahan pokok dan juga mengurangi kemiskinan," kata Sandiaga Uno dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz belum lama ini.

Diketahui Sandiaga pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan usai menang di Pilgub DKI 2017. Sedianya, Sandi, demikian dia disapa menjabat 2017-2022 tetapi pada Agustus 2018, Sandiaga Uno resmi mundur dari jabatan wagub usai membacakan surat pengunduran diri di Gedung DPRD DKI Jakarta dalam sidang paripurna, Senin (27/8/2018).

Sandi mundur karena maju bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Saat itu pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandi diusung Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat. Dia kemudian mengajukan surat pengunduran diri pada 9 Agustus 2018. Dia juga mengirim surat ke Anies setelah namanya menguat sebagai cawapres Prabowo.

Sementara Anies dan Sandi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI oleh Presiden Jokowi pada 16 Oktober 2017. Dengan demikian, masa kerja aktif Sandi sebagai wagub hanya sekitar satu tahun bahkan kurang.