Logo Bloomberg Technoz

Analisis Bos CIA Soal Perang-Rusia Ukraina & Pemberontakan Wagner

News
21 July 2023 12:15

Anggota Brigade Bureviy berlatih manuver ofensif selama latihan di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)
Anggota Brigade Bureviy berlatih manuver ofensif selama latihan di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)

Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Kepala Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) William Burns mengatakan bahwa ia tetap optimistis Ukraina dapat melakukan serangan balasan terhadap Rusia. Ini berdasarkan informasi intelijen yang telah tinjaunya.

Dalam Forum Keamanan Aspen di Colorado, Kamis (20/7/2023), ia menyebut Rusia menderita beberapa kelemahan struktural yang signifikan di balik pertahanan besar yang telah dibangunnya. Kelemahan itu termasuk moral yang buruk, kepemimpinan yang buruk, dan kekacauan di antara para pemimpin politik dan militernya.

"Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit, tapi kami akan melakukan semua yang kami bisa sebagai badan intelijen untuk memberikan dukungan intelijen dan berbagi informasi yang akan membantu Ukraina membuat kemajuan," kata William Burns.

Direktur CIA William Burns (Sumber: Bloomberg)

William Burns menambahkan bahwa pemberontakan pemimpin tentara bayaran Yevgeny Prigozhin pada bulan Juni lalu telah mengekspos beberapa kelemahan signifikan dalam sistem yang telah dibangun oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.