Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Korut & AS Panas Lagi, Kali Ini Soal Pesawat Mata-mata

News
10 July 2023 10:35

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Sangmi Cha dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) menuduh pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) melanggar wilayah udaranya dan mengancam akan menembak jatuh pesawat-pesawat tersebut. Tudingan ini bisa menjadi sumber ketegangan baru dua negara yang sudah lama berselisih soal nuklir itu.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Utara mengatakan bahwa AS terlibat dalam aksi eksploitasi nuklir yang paling terselubung dengan berencana membawa kapal selam bersenjata nuklir ke semenanjung Korea dan melakukan "kegiatan spionase yang tidak bersahabat" dengan menerbangkan pesawat-pesawat mata-mata di lepas pantai timur dan barat, seperti dilaporkan Korean Central News Agency, Senin (10/7/2023).

Korut mengklaim bahwa pesawat tak berawak (drone) dan pesawat mata-mata terbang selama delapan hari berturut-turut di sepanjang pantainya. Pesawat-pesawat itu melanggar wilayah udaranya. Juru Bicara Korut menyebut aksi itu sebagai tindakan sembrono AS dan akan mengambil tindakan pencegahan.

Korea Utara luncurkan rudal balistik. (Sumber: Bloomberg)

"Tidak ada jaminan bahwa kecelakaan yang mengejutkan seperti jatuhnya pesawat pengintai strategis Angkatan Udara AS tidak akan terjadi," kata juru bicara tersebut.