Logo Bloomberg Technoz

DBS Optimistis Rupiah Menguat Hingga Akhir 2023

Krizia Putri Kinanti
07 July 2023 20:50

Ilustrasi rupiah. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Senior Economist DBS Bank Radhika Rao memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat sampai dengan akhir tahun ini, ditopang oleh rangkaian kebijakan  stabilisasi oleh Bank Indonesia (BI).

Menurutnya, rupiah masih menjadi mata uang Asia yang berkinerja baik, dengan peningkatan sebesar 4% year to date (ytd) terhadap dolar AS, dibandingkan dengan penurunan sebesar 3%—5% pada mata uang renminbi China dan ringgit Malaysia.

“Kami memperkirakan rupiah akan meningkat secara bertahap sepanjang sisa 2023 seiring dengan konsolidasi dolar AS,” tuturnya pada media briefing Bank DBS Indonesia, Jumat (7/7/2023).

Dia pun optimistis Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mencapai target pertumbuhan di atas 5% pada 2023 dan 2024, berkat upaya bank sentral mengendalikan inflasi.

Laju inflasi domestik pada Juni mencatat penurunan lebih rendah dibandingkan perkiraan mayoritas ekonom dengan inflasi inti melanjutkan penurunan signifikan yang sudah berlangsung sejak Mei.