Logo Bloomberg Technoz

Stadion JIS Tak Standar, Pemerintah akan Renovasi Rumput & Akses

Fransisco Rosarians Enga Geken
05 July 2023 13:10

Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)
Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah segera memulai proses renovasi Jakarta International Stadium (JIS). Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah melakukan peninjauan lokasi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Mereka menyebut sudah menemukan sejumlah masalah pada stadion yang menjadi kebanggaan mantan Gubernur Anies Baswedan tersebut. Beberapa di antaranya adalah kualitas rumput dan akses penonton yang tak sesuai standard Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

Pada saat peninjauan, mereka mengajak Chairman Karya Rama Prima, Qamal Mustaqim yang mengatakan, rumput JIS tak sesuai standar FIFA karena ditanam pada karpet sintetis. Karpet dipasang pada dasar lapangan JIS yang kemudian ditutup pasir. setelah itu baru ditanami rumput hybrid.  

"Ini karpet, pak. Jadi kalau di GBK itu kan, rumput natural dulu baru distiching, dijahit," kata Qamal dalam video yang diunggah Erick Thohir di akun Instagram pribadinya, Selasa (4/7/2023).

Usai mendapat informasi tersebut, Erick pun bertanya kepada Qamal tentang solusi paling cepat agar rumput JIS bisa memenuhi standard FIFA sebagai salah satu stadion Piala Dunia U-17, November mendatang. Qamal pun menyarankan untuk membongkar seluruh rumput JIS dan menggantinya dengan rumput lapangan golf yang cepat tumbuh.