Logo Bloomberg Technoz

Rusia Kirim Kelompok Chechen, Gantikan Wagner di Perang Ukraina

News
05 July 2023 12:40

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Alex Wickham - Bloomberg News

Bloomberg, Rusia bersiap untuk mengirim lebih banyak tentara paramiliter Chechen dan narapidana ke Ukraina untuk mengisi lubang yang ditinggalkan oleh tentara Wagner, yang ditarik dari medan perang, seperti yang disampaikan oleh pejabat intelijen Eropa.

Pejabat yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan Ukraina telah melaporkan serangan balasan yang terus bergerak maju menuju timur kota Bakhmut, yang berisiko membuat tentara-tentara Rusia kewalahan. Rusia mengerahkan sejumlah besar pasukannya ke Bakhmut setelah Wagner menarik diri pada kota tersebut pada akhir Mei, meninggalkan kurangannya penjagaan di wilayah yang berhasil diduduki di selatan Ukraina.

Pemberontakan yang dilakukan oleh pendiri Wagner Yevgeny Prigozhin telah mengurangi pasukan Rusia yang paling tangguh dalam perang Ukraina.

Kementerian Pertahanan di Moskwa sejauh ini tidak memberikan indikasi berapa banyak tentara bayaran yang menandatangani kontrak untuk bergabung secara resmi dengan militer Rusia sebelum batas waktu 1 Juli. Prigozhin menuduh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu berusaha "menghancurkan" Wagner dengan permintaan tersebut.