Logo Bloomberg Technoz

Apa galium dan germanium itu?

Keduanya berwarna putih keperakan dan umumnya diklasifikasikan sebagai "logam minor", logam yang biasanya tidak ditemukan sendiri di alam. Sebaliknya, logam-logam tersebut diproduksi dalam konsentrasi kecil sebagai produk sampingan dari kilang yang berfokus pada bahan mentah lain yang lebih utama seperti seng atau alumina.

Ilustrasi Bendera AS dan China (Sumber: Bloomberg)

Pasarnya kecil jika dibandingkan dengan komoditas lain seperti tembaga atau minyak. Misalnya pada tahun 2022, impor logam galium dan wafer galium arsenida AS hanya bernilai sekitar US$225 juta menurut data pemerintah. Tetapi penggunaan kedua logam tersebut dalam industri strategis sangat penting.

Galium dan germanium digunakan untuk apa?

Kedua logam tersebut memiliki beragam kegunaan dengan spesialis dalam pembuatan cip, peralatan komunikasi, dan pertahanan. Galium digunakan dalam semikonduktor majemuk, yang menggabungkan beberapa elemen guna meningkatkan kecepatan dan efisiensi transmisi di layar TV dan ponsel, panel surya, dan radar. Penggunaan germanium meliputi komunikasi serat optik, kacamata khusus penglihatan malam, dan eksplorasi ruang angkasa. Sebagian besar satelit ditenagai oleh sel surya berbasis germanium.

Seberapa penting China?

Arus perdagangan dan ceruk logam ini sulit dilacak, tetapi China merupakan sumber utama kedua logam tersebut. Menurut sebuah studi Uni Eropa, China menyumbang 94% pasokan galium dan 83% germanium.

Menurut CRU Group, penyedia data intelijen industri logam, kedua logam tersebut sebenarnya dapat diganti dengan logam lainnya, namun biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal dan dapat menghambat kinerja teknologi.

Bisakah negara lain memproduksi logam tersebut lebih banyak?

Ilustrasi chip (Sumber: Bloomberg)

Tidak ada logam yang langka, tetapi biaya pemrosesan bisa tinggi. Karena China telah mengekspornya dengan harga relatif murah dalam waktu yang lama, hanya ada sedikit fasilitas di tempat lain untuk mengekstraksi logam tersebut. Ketika China meningkatkan produksinya, negara-negara lain termasuk Jerman dan Kazakstan telah mengurangi produksi.

Tetapi jika langkah China membuat harga logam-logam tersebut melonjak, analis memperkirakan produksi dari pemasok lain akan naik untuk memenuhi permintaan.

Daur ulang juga bisa menjadi kunci. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), sejumlah pabrik telah menyumbang beberapa pasokan. Bagian kecil dari germanium dapat ditemukan pada jendela di tank yang dinonaktifkan dan kendaraan militer lainnya. 

Di mana lagi logam-logam tersebut bisa diproduksi?

Negara-negara lain yang memproduksi galium adalah Rusia dan Ukraina, logam ini telah diproduksi sebagai produk sampingan alumina. Selain itu, Korea Selatan dan Jepang juga memproduksinya sebagai produk sampingan dari seng. Di Amerika Utara, germanium diperoleh bersama seng, timah, dan logam lainnya di pabrik peleburan Trail Teck Resources Ltd. di British Columbia.

Produsen lain termasuk pembuat bahan khusus 5N Plus Inc., dan Indium Corporation di AS. Di Eropa, Umicore SA Belgia adalah produsen kedua logam tersebut.

Selain itu, beberapa proyek pertambangan yang mengandung konsentrasi logam yang lebih tinggi dapat menawarkan peluang untuk meningkatkan pasokan. Seperti proyek seng Kipushi yang diperkirakan akan dimulai tahun depan di Republik Demokratik Kongo.

- Dengan asistensi dari Ian King.

(bbn)

No more pages