Logo Bloomberg Technoz

China Impor Batu Bara Banyak, Lukai Penambang Lokal

News
03 July 2023 16:30

Ilustrasi batu bara. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi batu bara. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Asosiasi Transportasi dan Distribusi Batu Bara China atau China Coal Transport and Distribution Association (CCTD) merekomendasikan importir batu bara China memperlambat pembelian dari luar negeri agar tidak merugikan para penambang batu bara domestik.

Rekomendasi ini merupakan bentuk ke prihatinan CCTD yang semakin besar pada para penambang batu bara domestik. Mengendalikan skala dan kecepatan impor menjadi salah satu cara mengatasi hal ini.

Data Bea Cukai menunjukkan China mengimpor 182 juta ton batu bara dalam lima bulan pertama 2023, hampir 90% lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pembelian tersebut didorong oleh prospek musim panas yang lebih panas dari biasanya, keinginan Beiijing untuk meminimalkan pemadaman listrik, dan penurunan harga batu bara laut.

Harga Batu Bara ICE Newcastle secara Year to Date (Bloomberg)

Sementara itu, keuntungan di perusahaan-perusahaan tambang batu bara lokal turun hampir seperlima dalam lima bulan pertama dari tahun sebelumnya, menurut data dari Biro Statistik Nasional. Hal ini dapat memburuk dalam beberapa bulan mendatang, mengingat bahwa harga batu bara di China mencapai puncaknya di awal September tahun lalu di tengah-tengah kelangkaan energi global menyusul invasi Rusia ke Ukraina.