Logo Bloomberg Technoz

MUFG Ancang-ancang Bantu Terbitkan StableCoin Global

News
23 June 2023 13:55

Ilustrasi perdagangan Bursa Kripto dalam Dubai Crypto Expo di Dubai, United Arab Emirates (UAE) (Christopher Pike/Bloomberg)
Ilustrasi perdagangan Bursa Kripto dalam Dubai Crypto Expo di Dubai, United Arab Emirates (UAE) (Christopher Pike/Bloomberg)

Taiga Uranaka - Bloomberg News

Bloomberg, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. sedang berbicara dengan perusahaan-perusahaan di belakang stablecoin populer dan berbagai pihak lain terkait rencana penerbitan token kripto jenis stablecoin melalui platform blockchain milik raksasa perbankan Jepang tersebut.

Undang-undang stablecoin Jepang, salah satu yang pertama di antara negara ekonomi besar, mulai berlaku pada 1 Juni 2023. Aturan tersebut menyatakan hanya bank-bank berlisensi, agen transfer uang yang resmi terdaftar, dan perusahaan perwalian yang dapat menerbitkan token.

MUFG sedang berdiskusi dengan banyak pihak agar platform blockchainnya, Progmat, dapat digunakan untuk menerbitkan stablecoin yang terkait dengan mata uang asing — termasuk dolar AS — supaya dapat dimanfaatkan secara global, demikian menurut Vice President of Product MUFG dalam sebuah wawancara.

“Penerbit dan pengguna dapat merasa aman menggunakan stablecoin” setelah undang-undang ini berlaku, kata Saito. Dia menolak untuk menentukan pihak stablecoin mana yang diajak bicara oleh MUFG.