Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Dunia Membaik Usai Putusan The Fed

News
16 June 2023 00:15

Ilustrasi harga minyak WTI pasca putusan bank sentral menahan tingkat bunga acuan, 15 Juni 2023. (dok Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak WTI pasca putusan bank sentral menahan tingkat bunga acuan, 15 Juni 2023. (dok Bloomberg)

Yongchang Chin dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia mengalami perbaikan usai turun pada hari sebelumnya, dengan dorongan nada hawkish dari pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed, terbebani ekspektasi kalau pemangkasan suplai minyak oleh negara OPEC+ akan memperketat pasar.

Kontrak minyak West Texas Intermediate (WTI) berada di level US$69/barel pada Kamis waktu setempat, setelah sempat turun 1,7% di sesi sebelumnya. Fed memutuskan untuk menghentikan pengetatan dengan menahan tingkat bunga, meski juga ditegaskan upaya hawkish masih akan terjadi guna menjinakkan inflasi, dikatakan Ketua Fed Jerome Powell.

Pernyataan terbaru bank sentral menimbulkan kekhawatiran baru bahwa suku bunga yang lebih tinggi dapat memicu resesi pada ekonomi AS.

Sementara, hanya dua minggu menjelang langkah Arab Saudi untuk mengurangi produksi, minyak dari kawasan Timur Tengah mengalami kenaikan nilai relatif terhadap barel, yang dipasok dari seluruh dunia. Apakah itu karena pemangkasan tersebut memperketat pasar, hingga menjadi sulit untuk dinilai. Patut disimak aktivitas perdagangan tertinggi selama bertahun-tahun di pricing window, ditentukan oleh harga patokan Dubai di kawasan.

Harga minyak WTI pasca putusan bank sentral menahan tingkat bunga acuan, 15 Juni 2023. (dok Bloomberg)