Logo Bloomberg Technoz

Lawan China, Yellen Minta AS Tambah Pinjaman ke Negara Berkembang

News
13 June 2023 14:20

Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen bakal memberikan peran kepada lembaga keuangan internasional (LKI) untuk melawan pengaruh China yang semakin bertumbuh di negara berkembang. Ini merupakan penggalan pidato yang akan disampaikan Yellen dalam rapat dengan Komite Jasa Keuangan Kongres AS, Selasa (13/6/2023) waktu setempat.

Dalam pidato testimoni itu Yellen akan berusaha mendapatkan dukungan Kongres guna memberikan pinjaman yang lebih banyak kepada negara-negara berkembang. Ia juga memuji institusi seperti Dana Moneter Internasional (IMF) atau Bank Dunia sebagai lembaga yang "mencerminkan nilai-nilai Amerika".

"Kepemimpinan kita di lembaga-lembaga tersebut adalah salah satu cara utama untuk terlibat dengan pasar dan negara berkembang. LKI menyediakan sumber daya nyata untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dunia, mulai dari mengatasi badai ekonomi hingga memacu pembangunan ekonomi jangka panjang," ungkap Yellen dalam pidatonya.

Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat./Bloomberg-Steven T. Dennis

"Bantuan tersebut bisa menjadi penyeimbang penting bagi bantuan pinjaman yang tidak transparan, dan tidak berkelanjutan di negara lain, seperti yang dilakukan China."