Logo Bloomberg Technoz

Habis Larang Ekspor Bauksit, RI Kejar Investasi Hilir Aluminium

Rezha Hadyan
12 June 2023 16:00

Aluminium (Sumber: Bloomberg)
Aluminium (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah sedang berupaya untuk menarik investasi pengolahan aluminium seiring dengan diberlakukannya larangan ekspor bauksit setengah jadi yang telah dicuci (washed bauxite), mulai 11 Juni 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan pemerintah saat ini masih membujuk sejumlah perusahaan asing yang bergerak di bidang pengolahan aluminium untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

"Aluminium sudah ada beberapa perusahaan yang besar [di Indonesia]. Namun, memang harus dikejar perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan investasi, karena kekuatan ekonomi kita itu ada di manufaktur," katanya ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (12/6/2023).

Investasi pengolahan aluminium yang dimaksud oleh Agus tidak hanya investasi fasilitas pemurnian (smelter) bauksit yang menghasilkan aluminium batangan (ingot). Pemerintah justru menitikberatkan pada investasi pengolahan aluminium batangan menjadi sejumlah produk turunan seperti aluminium ekstrusi, lembaran aluminium (aluminum sheet), dan lembaran aluminium tipis (aluminum foil).

"Jadi, kita akan mengejar perusahaan pengguna critical mineral [mineral kritis] tersebut untuk misalnya memindahkan factory [pabrik]-nya mendekati bahan baku, itu keuntungan kita. Ada advantage [keuntungan] bagi mereka, logistik lebih baik," tegasnya.