Logo Bloomberg Technoz

Gangguan lebih lanjut pada pasokan listrik mungkin tidak dapat dihindari karena permintaan melebihi kapasitas jaringan, katanya. Konsumsi listrik di Vietnam utara diperkirakan akan terus meningkat pada awal Juni di tengah panas yang menyengat.

Kementerian Perdagangan Vietnam telah meminta badan-badan pemerintahan untuk meningkatkan produksi batu bara dan gas saat negara itu bergulat dengan krisis listrik di tengah gelombang panas, kata Wakil Menteri Do Thang Hai dalam pengarahan pada Sabtu (03/06/2023). Sebagian besar kota dan provinsi mengeluarkan arahan untuk penghematan listrik, yang menghasilkan pengurangan sekitar 2,5% dari konsumsi harian, kata Hai tanpa memberikan kerangka waktu.

Cuaca musim panas yang terik dan berkurangnya permukaan air di waduk pembangkit listrik tenaga air membebani jaringan listrik Vietnam. Ribuan pabrik terpaksa membatasi konsumsi dan pemerintah telah menerapkan pemadaman terencana. Para pembuat kebijakan saat ini berusaha mencari cara untuk meningkatkan pasokan listrik, baik dengan segera menyelesaikan proyek terbarukan yang sudah selesai atau mendatangkan impor gas alam cair untuk pertama kalinya.

—Dengan asistensi dari Linh Vu Nguyen.

(bbn)

No more pages