Logo Bloomberg Technoz

Hal ini merupakan kunci dari dakwaan terhadap Bankman-Fried, yang mendapat tuduhan menjadi aktor utama serta menyembunyikan kejahatan penipuan selama bertahun-tahun. Diketahui bos FTX ini pula diduga menggunakan uang pengguna FTX untuk investasi yang berisiko, kepentingan pribadi, hingga sumbangan politik, dalam jumlah miliaran dolar AS.

Total ada 13 dakwaan yang dialamatkan keapda dia dan akan diadili pada Oktober. Atas tuduhan ini Bankman-Fried tetap mengaku tidak bersalah.

Pembelaan oleh pengacara Bankman ini bisa digunakan untuk menyangkal tuduhan bahwa dirinya berniat melanggar hukum, kata Stephen Gillers, Profesor bidang Hukum Universitas New York.

“Dengan kata lain, argumen terdakwa adalah ‘pengacara saya mengatakan kepada saya bahwa itu legal, dan saya pikir itu legal,” kata Gillers. Dengan demikian ini akan mematahkan argumen pemerintah bahwa secara sadar telah bertindak secara ilegal – menjadi dakwaan poin penting dalam sebuah dakwaan atas kasus kriminal, termasuk yang tengah dihadapi Bankman-Fried.

Pembelaan macam ini akan menempatkan pengawasan lebih lanjut atas hubungan FTX dengan Fenwick & West. Firma ini juga mulai mewakili Alameda Research, yang terafiliasi dengan  bursa hedge fund. Alameda juga menjadi medium dari sebagian besar dana penipuan Bankman-Fried, dan menjadi penasihat hukum utama FTX pasca berdiri tahun 2019, menurut jaksa penuntut.

Fenwick & West belum juga berkomentar atas kabar ini.

Mantan karyawan yang diwawancarai oleh jaksa federal selama penyelidikan juga mengacu pada memo hukum Fenwick & West. Mereka memandang memo sebagai penduan atas putusan mereka, menurut dua orang yang mengetahui kasus ini.

Penegak hukum telah mengirimkan surat panggilan pengadilan kepada firma hukum tersebut, dan telah dituduh oleh para investor dalam gugatan class action membantu penipuan Bankman-Fried. 

Mantan chief  regulatory officer FTX, Dan Friedberg, telah bergabung sejak 2020, setelah sebelumnya mewakili perusahaan sebagai  pengacara luar dengan Fenwick & West. Saat bursa kripto FTX mulai kacau awal November, Friedberg melobi jaksa federal untuk menawarkan bantuannya, menurut seseorang yang mengetahui tentang bursa tersebut. Mantan penasihat umum FTX, Can Sun, juga dipecat dari perusahaan tersebut.

Materi hukum yang diminta oleh pengacara Bankman-Fried terkait dengan tuduhan berbohong kepada Silvergate Bank untuk membuka rekening pada tahun 2020. Kemudian bank diminta untuk menerima setoran pelanggan dalam pertukaran internasional FTX.

Kala itu, Bank menyebut bahwa mereka tidak dapat membuka rekening seperti itu jika FTX tidak memiliki lisensi sebagai bisnis layanan uang di AS.

Selanjutnya, Fenwick & West menyarankan FTX tentang pendaftaran tersebut. Bursa kripto melalui divisi internasional FTX dinasihati tidak perlu mendaftar di AS karena tidak menerima pelanggan domestik menurut memo hukum yang diajukan di pengadilan. 

Guna menyiasati permintaan Silvergate, Bankman-Fried mendirikan perusahaan baru bernama North Dimension, dan mengatakan kepada bank bahwa ia ingin membuka akun perdagangan yang terhubung dengan Alameda, kata jaksa penuntut.

(bbn)

No more pages