Logo Bloomberg Technoz

Laut China Selatang Tegang, AS-Jepang-Filipina Latihan Perang

News
29 May 2023 15:40

Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Andreo Calonzo - Bloomberg News

Bloomberg - Amerika Serikat (AS) akan mengadakan latihan bersama dengan Panjaga Pantai dari Jepang dan Filipina untuk pertama kalinya pekan ini di tengah meningkatnya ketegangan dengan China di wilayah tersebut.

Latihan triliteral tersebut akan dilakukan di lepas pantai provinsi Bataan yang menghadap Laut China Selatan mulai 1 hingga 7 Juni 2023, menurut pernyataan Penjaga Pantai Filipina, Senin (29/05/2023). Latihan tersebut akan 'memperkuat interoperabilitas' dan akan mencakup pelatihan penegakan hukum maritim dan latihan manuver, katanya.

Latihan tersebut tidak terkait dengan sengketa laut Manila dengan Beijing, kata juru bicara Penjaga Pantai Filipina Armand Balilo kepada wartawan. "Ini adalah latihan rutin antara Penjaga Pantai," katanya seraya menambahkan bahwa AS dan Jepang sama-sama meminta latihan bersama. 

Latihan Penjaga Pantai adalah tampilan terbaru dari kerja sama antara AS dan sekutunya di Asia, saat persaingan mereka dengan China memanas. Sekitar 400 anggota awak di empat kapal akan bergabung dalam latihan trilateral, dengan Australia dan India kemungkinan berpastisipasi sebagai pengamat, kata Balilo.