Logo Bloomberg Technoz

Kabar Gembira dari Amerika

Harga aset yang dipandang aman (safe haven) jatuh setelah tersiar kabar dari Amerika Serikat/AS. Presiden Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy menyuarakan optimisme seputar kesepakatan kenaikan batas utang (debt ceiling) pemerintah federal.

“Kita sedang dalam situasi yang baik,” tegas Biden kepada para wartawan di Gedung Putih, kemarin, sebagaimana diwartakan Bloomberg News.

Saat ditanya apakah kesepakatan akan sampai di mejanya untuk diteken, Biden bilang “ya”.

Sedangkan McCarthy mengungkapkan bahwa sekitar 95% anggota Kongres dari Partai Republik “bersemangat” dengan kesepakatan ini. Namun dia tidak menampik ada sebagian anggota Grand Old Party yang masih menolak.

“Ini mungkin tidak 100% seperti yang diinginkan semua orang. Namun negara ini akan menjadi semakin kuat,” kata McCarthy kepada wartawan di Capitol, kemarin, juga dikutip dari Bloomberg News.

Perkembangan ini membuat investor kembali tertarik memburu aset-aset berisiko dan melepas safe haven. Selain emas, mata uang yen Jepang (yang juga merupakan safe haven) mengalami tekanan jual. Pekan lalu, yen melemah ke level terendah dalam 6 bulan di hadapan dolar AS.

USD/JPY (Sumber: Bloomberg)



(aji)

No more pages