Logo Bloomberg Technoz

Biden Bilang Hubungan AS-China Akan Segera Cair

News
22 May 2023 10:10

Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)
Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)

Jenny Leonard dan Annmarie Hordern - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperkirakan hubungan negaranya dengan China akan segera mencair setelah pertengkaran soal dugaan balon mata-mata pada awal tahun ini yang memperburuk hubungan.

Berbicara kepada wartawan pada Minggu (21/05/2023) di penghujung KTT G-7 di Jepang, Biden mengatakan langkah AS untuk menembak balon itu mengubah arah hubungan negaranya dengan China yang sebenarnya mulai membaik saat presiden kedua negara itu bertemu pada November di KTT G-20 di Bali.

"Saya pikir Anda akan melihat hubungan mulai mencair segera," kata Biden pada Minggu. Dia menambahkan bahwa pemerintahannya sedang mempertimbangkan apakah akan menghapus sanksi terhadap Menteri Pertahanan China Li Shangfu, yang ditemui oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin di sebuah acara pada Juni di Singapura.

Biden sebelumnya telah menyuarakan optimisme tentang mengadakan percakapan telepon yang sudah lama dinanti dengan Presiden China Xi Jinping, meskipun ia tidak memberikan indikasi tentang seberapa cepat itu mungkin terjadi.