Logo Bloomberg Technoz

"Ini adalah lingkungan yang positif" untuk pemilihan umum, kata Taro Saito, kepala penelitian ekonomi di NLI Research Institute.

"Manufaktur tetap stagnan, tetapi ketika saya melihat detailnya, saya mulai melihat beberapa tanda-tanda kecil yang baik," tambahya.

Pencabutan pembatasan jumlah turis internasional ke Jepang oleh pemerintah telah memfasilitasi lonjakan pesat pengunjung yang datang ke Jepang, mendukung bisnis yang berfokus pada layanan. Pada saat yang sama, pelonggaran rantai pasokan telah membantu para produsen, menurut S&P Global Market Intelligence, yang menyusun survei ini.

"Ekonomi swasta Jepang terus berlanjut pada lintasan yang meningkat," kata Usamah Bhatti, ekonom S&P.

"Para penyedia jasa terus melaporkan momentum pertumbuhan yang kuat dengan rekor peningkatan aktivitas bisnis yang baru."

Saat kekhawatiran perlambatan meningkat atas ekonomi global setelah kenaikan suku bunga, ekonomi Jepang menunjukkan ketangguhan sebagian karena bank sentralnya terus mempertahankan pelonggaran moneter untuk mendukung pertumbuhan. Namun, jika AS dan negara-negara besar lainnya tergelincir ke dalam resesi di akhir tahun ini, ekspor Jepang kemungkinan besar akan berada di bawah tekanan baru.

Untuk saat ini, pemulihan di Jepang terlihat mendapatkan momentum. Saito dari NLI mengutip potensi penurunan ekspor ke Cina, yang turun 2,9% pada bulan April, penurunan terkecil sejak pembacaan berubah menjadi negatif pada bulan Desember.

(bbn)

No more pages