Logo Bloomberg Technoz

Jepang Mulai Bangkit, Data Ekonomi Ini jadi Bukti Terbaru

News
23 May 2023 11:30

Peserta Kanda Matsuri membawa kuil portabel di Tokyo, Jepang, Minggu (14/5/2023). (Nicholas Takahashi/Bloomberg)
Peserta Kanda Matsuri membawa kuil portabel di Tokyo, Jepang, Minggu (14/5/2023). (Nicholas Takahashi/Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Erica Yokoyama - Bloomberg News

Bloomberg, Tanda pemulihan ekonomi pasca pandemi mulai tampak di Jepang. Momentum pemulihan ini tampak dari data-data terbaru di sektor jasa dan pabrik.

Indeks Manajer pembelian dari Bank Au Jibun untuk aktivitas di sektor jasa Jepang naik 0,9 ke rekor 56,3 di bulan Mei, dibantu oleh kembalinya turis asing pasca-Covid. Pembacaan di sektor manufaktur bertambah 1,3 menjadi 50,8, naik di atas angka 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi untuk pertama kalinya sejak Oktober 2022.

Angka-angka ini menjadi pertanda baik bagi ekonomi terbesar ketiga di dunia, yang pemulihannya telah tertinggal dari rekan-rekan globalnya. Angka-angka tersebut mengikuti data minggu lalu yang menunjukkan ekonomi berkembang pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diharapkan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Gambaran ekonomi yang membaik bersama dengan kenaikan bursa saham, yang mungkin akan membuat spekulasi terus berlanjut bahwa Perdana Menteri Fumio Kishida akan mempertimbangkan pemilihan umum dini. Jajak pendapat menunjukkan adanya peningkatan dukungan untuk kabinetnya setelah KTT G-7 di Hiroshima pada akhir pekan lalu.