Logo Bloomberg Technoz

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan," sambungnya.

Adapun Kejagung sendiri saat ini tengah mengusut adanya dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan kegiatan usaha komoditi emas tahun 2010 sampai dengan 2022. 

Hal itu terungkap setelah Kejagung menggeledah Kantor Bea Cukai dalam rangka penyidikan kasus pada beberapa waktu lalu, dan telah dinaikkan ke tahap penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Prin-14/F.2/Fd.2/05/2023 tanggal 10 Mei 2023.

Di sisi lain, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana juga mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan bahwa kasus ini bisa berhubungan dengan kasus dugaan korupsi komoditi emas lain, yakni di PT Aneka Tambang Tbk atau Antam (ANTM) yang saat ini juga tengah diusut.

"Nanti, kalau sudah clear semuanya baru kita sampaikan. Ada dua penyidikan [kasus komoditi emas] sedang berjalan," ucap kata juru bicara Kejaksaan Agung Ketut Sumedana dalam konferensi pers, Senin (15/5/2023).

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi mengatakan, meski kedua kasus itu berbeda, pihaknya akan tetap mendalami keterkaitan satu sama lainnya.

"Jika nanti memang ada kaitannya, ada kemungkinan kasus ini kita gabung. Kalau tidak, kita jalan sendiri-sendiri. Nanti kita lihat dalam perjalanan pembuktian perkara ini alat buktinya seperti apa," kata Kuntadi.

(ibn/dba)

No more pages