Logo Bloomberg Technoz

Transaksi Kripto Harus Diatur Layaknya Industri Judi

News
17 May 2023 11:00

Ilustrasi kripto Ripple, Ethereum, Bitcoin, Binance USD and Solana (Christopher Pike/Bloomberg)
Ilustrasi kripto Ripple, Ethereum, Bitcoin, Binance USD and Solana (Christopher Pike/Bloomberg)

Emily Nicolle - Bloomberg News

Bloomberg, Komite treasury Inggris memberi rekomendasi agar investor ritel dan perdagangan aset digital kripto independen seperti Bitcoin harus diregulasi seperti halnya industri perjudian. Pasalnya aset kripto sangat “tidak stabil” dan “tidak punya nilai intrinsik”.

Rekomendasi dihasilkan lewat panel antar partai di parlemen Inggris. Rekomendasi  ini juga merupakan hasil dari banyak pertanyaan bagaimana sebuah aset digital ini bergerak, bagaimana pula pola pengawasannya.

Pengaturan perdagangan aset kripto layaknya perjudian tak sejalan dengan usulan pemerintah Inggris pada Februari lalu yang ingin kripto diatur layaknya sistem keuangan tradisional. Pengaturan kripto seperti judi pun akan menyimpang dari aturan utama lainnya dalam memperlakukan kelas aset.

Ilustrasi kripto (Sumber: Bloomberg)

"Kami khawatir bahwa mengatur perdagangan ritel dan aktivitas investasi dalam aset kripto yang tidak didukung sebagai layanan keuangan akan menciptakan efek 'halo' yang membuat konsumen percaya bahwa aktivitas ini lebih aman daripada yang sebenarnya, atau terlindungi padahal tidak," kata laporan itu.