Logo Bloomberg Technoz

Cara Meraih Keuntungan di Tengah Volatilitas Harga Bitcoin

Shinta Dwi Ayu
17 May 2023 09:30

Topi logo Bitcoin, milik peserta Dubai Crypto Expo di Dubai, United Arab Emirates (UAE).(Christopher Pike/Bloomberg)
Topi logo Bitcoin, milik peserta Dubai Crypto Expo di Dubai, United Arab Emirates (UAE).(Christopher Pike/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada pergerakan sepekan terakhir aset kripto paling bernilai di dunia, Bitcoin, lalu lalang di zona US$27.000 hingga US$28.000. Volatilitas masih terjadi bahkan tren harga koin dengan kode BTC kini menjauh dari titik psikologis awal US$30.000.

Lalu bagaimana cara memenangkan Bitcoin di tengah gejolak harga seperti yang terjadi saat ini? Salah satunya adalah rumus lama dalam investasi, yaitu strategi dollar cost averaging.

Dalam keterangan resminya Ajaib Sekuritas menyatakan, strategi ini sangat tepat di tengah volatilitas pasar aset kripto, efek dari guncangan ekonomi AS. Dollar cost averaging merupakan berinvestasi berpola selama periode tertentu. Investor diminta untuk  disiplin mengalokasikan dana investasi setiap periode tertentu secara rutin tanpa melihat pergerakan harga aset tersebut.

Bagi pada trader koin digital, penting pula untuk disiplin dalam menetapkan target profit dan loss selama perdagangan berlangsung. Beberapa fitur otomatisasi take profit atau stop loss telah tersedia pada bursa kripto, yang sama satunya tersedia di Ajaib.

Dengan disiplin investor bisa mengamankan potensi keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian saat trading pada instrumen aset kripto.