Logo Bloomberg Technoz

Global Bond Korporasi RI Jadi Favorit Investor, Terbaik di Asia

Ruisa Khoiriyah
16 May 2023 12:50

Ilustrasi dolar AS (Paul Yeung/Bloomberg)
Ilustrasi dolar AS (Paul Yeung/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Angin segar masih sejuk dirasakan oleh para pelaku pasar obligasi di Indonesia. Bukan hanya pasar surat utang negara yang masih mencatat animo tinggi seperti terlihat dari tingginya minat investor dalam lelang-lelang SUN atau sukuk yang digelar, obligasi korporasi terutama global bond juga sejauh ini tercatat sebagai obligasi dolar AS dengan kinerja terbaik dibandingkan obligasi sejenis di kawasan Asia Tenggara bahkan dibanding pasar emerging market Asia.

Obligasi dolar AS terbitan korporasi Indonesia mencetak reli kenaikan harga tertinggi dibandingkan obligasi sejenis di kawasan sepanjang bulan ini menyusul capaian kinerja perusahaan yang mengkilap. Itu menaikkan optimisme terkait prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia, negara dengan ukuran ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Obligasi dolar AS korporasi tanah air mencatat keuntungan 0,56% month-to-date berdasarkan Indeks Bloomberg, dibandingkan kinerja datar global bond dari korporasi negara-negara tetangga, terlebih bila dibandingkan kinerja obligasi emerging market Asia yang justru tercatat turun 0,1%.

Obligasi dolar AS terbitan korporasi Indonesia mencetak reli harga mengungguli obligasi sejenis di kawasan Asia Tenggara dan emerging market Asia

Para pemodal di pasar juga meminta tingkat imbal hasil alias yield yang lebih rendah di pasar surat utang negara dengan selisih yield mencapai 3 bps bulan ini. 

Beberapa perusahaan yang tercatat di indeks MSCI Indonesia melaporkan capaian pendapatan bersih dengan pertumbuhan rata-rata 8,5% pada kuartal 1-2023, sementara indeks MSCI Malaysia, Thailand dan Filipina justru tercatat negatif.