Logo Bloomberg Technoz

Antisipasi Varian Arcturus, Kemenkes Tambah Jenis Vaksin Booster

Sultan Ibnu Affan
30 April 2023 11:30

Ilustrasi vaksinasi (Dok Bloomberg/Dimas Ardian)
Ilustrasi vaksinasi (Dok Bloomberg/Dimas Ardian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambahkan jenis vaksin booster baru, yakni vaksin Indovac sebagai jenis booster kedua. Penambahan jenis vaksin batu tersebut dilakukan untuk antisipasi sub varian baru Covid-19 yang bernama Arcturus.

Penambahan regimen vaksinasi COVID-19 dosis lanjutan ini juga dikhususkan bagi sasaran yang mendapatkan vaksin booster jenis Primer Pfizer, bukan vaksin AstraZeneca.

“Agar pandemi dapat terus terkendali, pemerintah menambahkan jenis vaksin booster untuk meningkatkan proteksi masyarakat dari COVID-19, terutama bagi masyarakat rentan” kata Juru Bicara kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (30/4/2023).

Penambahan regimen vaksin Indovac ini juga telah tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Nomor IM.02.04/C/2034/2023 tanggal 23 April 2023.

Kemenkes merinci bahwa  pemberian dosis vaksin baru ini diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml. Booster Indovac ini diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster ke-1.