Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi AS Melambat di Kuartal 1-2023 Hanya Tumbuh 1,1%

News
28 April 2023 06:00

Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert - Bloomberg News - 

Pertumbuhan ekonomi AS tercatat melambat pada kuartal 1-2023 lebih rendah dari perkiraan menyusul lemahnya laju investasi dan penurunan persediaan. Namun, belanja konsumen masih kuat.

Gross Domestic Product (GDP/PDB) Amerika pada kuartal 1-2023 tercatat naik 1,1% disokong belanja konsumen yang tercatat terkuat dalam waktu dua tahun terakhir, demikian data awal yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada Kamis (27/4/2023). Indeks konsumer yang menjadi dasar keputusan bunga acuan Federal Reserve tercatat naik ke level tertinggi dalam setahun.

Belanja konsumen naik 3,7% mencerminkan kenaikan baik di sektor jasa maupun barang, termasuk kenaikan pembelian sepeda motor. Investasi bisnis di sektor peralatan mencatat penurunan terdalam sejak pecahnya pandemi. Sedangkan posisi cadangan tercatat turun dari PDB dalam dua tahun.

Ekonomi AS melambat akan tetapi belanja konsumen tetap kuat

Gambar di atas menjadi gambaran bagaimana perekonomian AS secara gradual bergeser turun akibat dibebani kenaikan bunga acuan Federa Reserve yang agresif dan inflasi yang merangkak naik. Perlambatan ekonomi AS di awal tahun itu sejatinya masih tertolong cuaca yang hangat yang tidak biasa, di mana itu membantu inflasi harga energi tidak semakin galak.